KARAKTERISTIK
PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKASI PENDIDIK DALAM MENGAJAR
(Studi Observasi di SMK Negeri Karangpucung)
Oleh:
Carkim
Program
Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Galuh, Ciamis
E-mail
: carkimfaisal@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian
ini membahas tentang profesionalisme guru dalam mengajar yang dilakukan di SMK
Negeri Karangpucung, Khususnya Guru yang sudah bersertifikasi pendidik. Selama
ini kompetensi guru di SMK Negeri Karangpucung banyak yang tidak sesuai dengan latar
belakang pendidikan tetapi setelah ada program sertifikasi guru, guru tersebut
menjadi guru profesional yang memiliki sertifikat pendidik. Untuk mengetahui
sejauhmana profesionalisme guru SMK yang
telah bersertifikasi pendidik dalam mengajar. Profesionalisme guru mengacu
sikap dan komitmen anggota profesi untuk bekerja berdasarkan standar yang
tinggi dan kode etik profesinya.
Dimensi
profesionalisme diintegrasikan dengan kompetensi guru. Kriteria kompetensi
profesionalisme guru diukur berdasrkan kompetensi Pedagogik , kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan
kompetensi profesional.
Dari
penelitian tersebut untuk meningkatkan profesionalisme guru, harus ada program
pengembangan guru.
Kata
kunci: profesionalisme guru, kompetensi, pengembangan guru
ABSTRACT
This reseach discusses
about the professionalism of teachers in teaching conducted at the Vocational
School of Karangpucung, especially teachers who are certified educators. So
far, the competence of teachers in SMK Karangpucung are not many in accordance by
the educational background but after a teacher certification program, the
teacher is a teacher who has a professional educator certificate. To find out
the extent of professionalism that has been certified vocational teacher
educators in teaching. Professionalism of
teacher refers to the attitude of teachers and members of the
profession's commitment to work based on high standards and code of ethics of
his profession.
Dimensions of
professionalism are integrated by teacher competence. Professionalism of
teachers' competence criteria measured based on Pedagogic competence, personal
competence, social competence and professional competence.
From these reseach to
improve the professionalism of teachers, there should be a teacher development
program.
No comments:
Post a Comment